Kamis, 19 Maret 2009

PROFILE


Peguruan ini pertama kali berdiri pada tanggal 15 Januari 1980 di jalan Merpati 45 Madiun Jawa Timur. Dan sebagai Pendiri atau guru besar / Cikal bakal (peletak dasar aliran) yang pertama adalah Bp. R. TOTONG KIEMDARTO, lahir di madiun tanggal 20 Oktober 1953.

Sebelum mendirikan perguruan Bp. R. TOTONG KIEMDARTO mempunyai kegemaran dalam olah raga seni beladiri dan mempelajari berbagai seni beladiri dari bermacam-macam aliran selain itu mendalami ilmu kerohanian dari para Ulama dan Ahli-ahli kebatinan baik dari Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Beliau lakukan sewaktu bekerja di perantauan.

Ketika kembali ke Madiun dari hasil Beliau berguru tersebut ditambah dengan pengalaman, penelitihan dan pengembangan sendiri. pada akhirnya Beliau berhasil merangkum intisari dari ajaran-ajaran yang telah diterima dan disusun menjadi suatu SENI BELA DIRI LAHIR BATIN TERSENDIRI. Dengan tujuan ikut serta mensukseskan pembangunan Nasional melalui olah raga bela diri.

Pada mulanya perguruan ini bernama IKATAN KELUARGA SILAT-PUTRA INDONESIA (IKS-PI) kemudian berjalan beberapa waktu diberi tambahan nama di belakangnya KERA SAKTI karena masyarakat lebih mengenal indentitas perguruan dari jurus-jurus yang mirip gerakan kera. Jadi untuk memudahkan nama akhirnya di beri nama IKS-PI KERA SAKTI.

Sedikit demi sedikit akhirnya perguruan ini berkembang pesat dan tidak saja di wilayah Kodya Madiun tetapi menyebar berbagai penjuru Nusantara.







1 komentar:

  1. Jing so,
    salam kenal dari IKSPI Tuban Selatan, senang rasanya dari warga IKSPI diseluruh Nusantara ini makin maju dan terus mengembangkan ajaran IKSPI, semoga IKSPI KERA SAKTI akan terus Jaya

    BalasHapus